Cara Menghemat Batrai Smartphone

Image
Cara menghemat batrai hp/smartphone- Batrai yang digunakan di dalam smartphone ada kalanya dapat/cepat habis. Namun, itu semua tergantung pemakaian dan kondisi batrai smartphone anda. Menghemat batrai smartphone merupakan cara agar batrai smartphone tidak cepat habis. Menghemat batrai dapat dilakukan dengan berbagai cara. mau tahu caranya? simak penjelasan berikus

Cara menghemat batrai hp/smartphone agar tidak cepat habis
1). Gunakan Wallpaper warna gelap
Image
Selain terlihat lebih keren, wallpaper warna gelap juga dapat menghemat batrai smartphone. ini dikarenakan wallpaper gelap dapat mengurangi konsumsi daya batrai yang dilakukan oleh layar. Pilihlah wallpaper yang dominan gelap dan sesuaikan dengan selera anda.

2). Turunkan kecerahan layar 
Image
menurunkan kecerahan layar dapat menghemat batrai hingga 50% loh. ini dikarenakan karena batrai akan lebih cepat terkuras oleh layar dengan kecerahan tinggi dibanding dengan kecerahan rendah. Menurunkan kecerahan layar juga dapat mencegah mata cepat lelah lohh.. Aturlah kecerahan layar pada tingkat yang paling rendah.


3). Atur Waktu tidur Smartphone
Image
mengatur waktu tidur smartphone ternyata juga membantu menghemat batrai smartphone. smartphone yang sedang tidak digunakan akan automatis mati, sehingga mengurangi konsumsi daya batrai. Aturlah waktu tidur android di 15/30 detik. Caranya, Pengaturan-Tampilan-Tidur-atur menjadi 15/30 detik.


4). Matikan Bluetooth,GPS dan Wifi jika tidak digunakan
Image
Bluetooth,GPS dan Wifi saat digunakan maupun tidak digunakan akan terus dan terus mencari sinyal walaupun tidak ada sinya. sehingga hal tersebut tentu akan membuat batrai boros. Oleh karena itu jika bluetooth, GPS dan wifi sedang tidak digunakan, sebaiknya matikan saja ketiga opsi tersebut. 

5). Jangan memakai live wallpaper atau wallpaper tembus pandang
Menggunakan live wallpaper dapat menguras batrai, karena live wallpaper berjalan di latar belakang dan prossesor. sehingga batrai sedikit demi sedikit akan terkuras. Apalagi dengan wallpaper tembus pandang, akan sangan menguras batrai karena prosessor dan juga kamera ikut terbebani. Gunakanlah wallpaper yang biasa saja dan berwarna gelap agar batrai smartphone tidak cepat habis


6). Matikan data saat tidak digunakan
Image
data akan terus menerus berjalan di latar belakang walaupun smartphone dalam keadaan tidur. Sehingga hal ini dapat menguras batrai dan paket internet juga. Namun apabila anda seseorang yang aktif BBM, WA karena terdapat hal hal penting, mungkin opsi data tidak usah dimatikan.


7). Matikan auto rotation
mematikan auto rotation juga termasuk cara menghemat batrai agar tidak cepat habis. karena mematikan auto rotation dapat membuat prosessor tidak terbebani. selain itu anda juga tidak akan terganggu karena layar yang terus terotasi.


8). Tutup aplikasi yang tidak terpakai
Image
Aplikasi yang tidak tertutup secara utuh juga dapat membuat batrai cepat habis. ini karena aplikasi yang tidak tertutup secara utuh akan berjalan di latar belakang. Tentu hal itu akan membuat batrai terkuras banyak. Cara menutup aplikasi yang belum ditutup secara utuh adalah masuk ke jendela aplikasi, lalu pencet tombol sapu atau geser aplikasi yang tidak tertutup secara utuh ke kanan.

9). Matikan fitur kecerahan automatis
Menggunakan fitur kecerahan automatis dapat membuat batrai smartphone menjadi terkuras. Itu dikarenakan kecerahan layar otomatis akan berubah ubah, sehingga hal tersebut dapat membebani prosessor dan layar smartphone.

10). Jangan sampai smartphone menjadi panas
Saat smartphone kita panas, batrai akan 2x lebih cepat terkuras. oleh karena itu matikan dan letakkan di tempat yang bersehu normal jika smartphone sudah terasa panas. Dan juga hati hati karena smartphone yang terlalu panas bisa meledak.


11). Matikan flash saat menggunakan kamera
Menggunakan flash saat merekam atau memotret dapat menguras batrai. Bahkan bisa membuat smartphone anda menjadi panas. untuk itu, matikan saja flash saat memotret dan merekam.


12). Gunakanlah earphone atau wereless speaker saat mendengarkan musik
Saat mendengarkan musik, aplikasi musik tersebut dan speaker akan menguras batrai smartphone anda. apalagi jika volume suara diperbesar, pasti batrai akan semakin terkuras. untuk itu gunakanlah earphone atau wireless smartphone agar menghemat batrai smartphone anda.


13). Yang hp nya smartfren. Matikan smartphone saat perjalanan atau di tas
dalam beberapa kasus, hp smartfren yang berkisar harga 1jt akan kadang panas saat perjalanan atau di tas. sehingga batrai akan cepat terkuras karena panas tersebut. oleh karena itu matikan saja smartphone saat diperjalanan atau sedang tidak digunakan. Bagi anda yang hp nya non smartfren, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghemat batrai smartphone anda.


14). Aktifkan mode pesawat 
Image
Mengaktifkan mode pesawat merupakan cara menghemat barai smartphone. Karena, pengkonsumsi daya batrai terbesar adalah sinyal. Oleh karena itu, jika anda mengaktifkan mode pesawat, maka batrai smartphone akan jauh lebih awet.


15). Kurangi widget di layar home
widget di layar home juga dapat mengras batrai karena widget ternyata berjalan di latar belakang ponsel. Sehingga hal tersebut dapat membebani prosessor. Oleh karena itu gunakanlah sedikit widget di layar home, misalnya Jam dan Google penelusuran


16). Matikan fitur OK google
Image
fitur ok google memang terlihat canggih. namun fitur ini akan terus berjalan di latar belakang saat keadaan smartphone hidup ataupun tidur. Sehingga hal tersebut juga akan mengurangi daya smartphone. bila perlu matikan fitur ok google ini. Namun saya saranin tidak usah, karena daya yang dikuras hanya sedikit.


17). Gunakan fitur penghemat daya android 5.0+
Image
Pada smartphone dengan versi android 5.0 atau lebih, akan ada fitur penghemat daya. Fitur tersebut dapat menghemat daya hingga 50% loh. Fitu ini memiliki ciri ciri yaitu saat dinyalakan, bar notifikasi di bagian atas akan berwarna orange.

18). Matikan Opsi getaran
Getaran di ponsel berasal dari dinamo kecil yang diberi beban. Nah, saat getaran itu aktif, maka akan memerlukan daya batrai. Walaupun terbulang kecil, namun jika dinamu tersebut berputar terus bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat batrai boros. Oleh karena itu, matikan getaran saat mengetik, dan matikan juga getaran di tombol pilihan, home dan tombol keluar.


19). Aktifkan mode silent/tidak ada suara dan getaran
Image
seperti yang kita tahu bahwa suara dan getaran dapat membuat batrai smartphone terkuras. Oleh karena itu aktifkan saja mode silent agar batrai menjadi hemat.


20). Nonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak berguna
Image
Menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak berguna dapat menghemat batrai. Mengapa? karena aplikasi bawaan yang tidak berguna tersebut akan berjalan di latar belakang, sehingga dapat menguras batrai smartphone. Karena aplikasi bawaan tidak bisa dihapus, maka jalan terbaiknya yaitu menonaktifkanya.


21). Download aplikasi Greenify (membutuhkan ROOT)
Image
Grennify adalah aplikasi untuk menghemat batrai. Aplikasi ini sudah sangat terkenal karena dapat menghemat batrai smartphone. Aplikasi ini menghibernasikan aplikasi lain yang boros. Jadi smartphone anda akan super hemat.

22). Download aplikasi penghemat daya
Image
Aplikasi penghemat daya dapat menghemat batrai karena aplikasi penghemat daya akan menghentikan prosess di latar belakang yang menguras batrai. Oleh karena itu, aplikasi penghemat daya sangat dianjurkan untuk diinstal. Namun, gunakanlah 1 saja aplikasi penghemat daya. Jika berlebihan, smartphone anda akan menjadi lemot. anda dapat mendownload du battery saver sebagai aplikasi penghemat daya



23). Matikan fitur sinkronisasi automatis
menonaktifkan fitur sinkronisasi dapat membuat batrai anda hemat. Anda dapa menonaktifkan sinkronisasi automatis ini dengan cara, pengaturan-akun-(pilih akun)-hilangkan tanda centang pada sinkronisasi automatis.

Nah, itulah 23 cara agar batrai hp/smartphone tidak cepat habis. Jika anda menginginkan agar batrai super hemat, lakukan 23 cara diatas. semoga ulasan diatas dapat membantu anda mengatasi masalah anda

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghemat Batrai Smartphone"

Post a Comment